kota purwikerto

kota purwikerto

Sabtu, 25 September 2010

MAKANAN KHAS PURWOKERTO 1

Kota Purwokerto yang terletak dibawah kaki Gunung Slamet mempunyai aneka macam makanan khas diantara nya adalah " TEMPE MENDOAN, TEMPE KERIPIK, KUE NOPIA serta sebenarnya masih banyak lagi jenis yang lain.
Kalau anda sudah mencoba mencicipinya pasti ditanggung akan ketagihan karena rasanya yang lezat.
TEMPE MENDOAN ,
terbuat dari bahan dasar kedelai, bentuknya pipih dan tipis dengan ukuran kira-kira 10cm x 15cm.,dalam keadaan mentah tempe tersebut dibungkus dengan daun pisang. Disantap setelah sebelumnya diberi bumbu dapur: garam , ketumbar,telor ,irisan daun bawang atau muncang seledri serta dicampurkan ke adonan yang terbuat dari tepung beras atau terigu serta terlebih dahulu digoreng kering atau setengah kering(mendo} tergantung dari selera.Akan terasa lebih nikmat apabila disantap waktu masih hangat serta diberi tambhan kecap dan irisan cabe rawit dan bawang merah.
Harga tempe mendoan mentah sangatlah murah, per bungkus isi 2 lembar tempe kurang dari Rp 1.000.-.Tempe mendoan yang masih mentah dapat bertahan sekitar 4 hari dari saat proses  pembungkusan  sampai dengan waktunya dikonsumsi..  Ingin mencoba????

TEMPE KERIPIK
Bahan dasarnya sama dengan tempe mendoan akan tetapi ini lebih tipis tidak setebal tempe mendoan. Tempe Keripik pada umumnya sudah digoreng dan siap untuk dikonsumsi. renyah dan gurih itu rasanya.Dijual per bungkus dengan isi 10 atau 15 lembar tempe  per pack. Tempe keripik ini bisa tahan untuk waktu 3 minggu untuk dikonsumsi. cocok dan enak dinikmati sebagai teman minum teh. Mau coba???

KUE NOPIA
Bentuknya menyerupai separuh telor, kulit luarnya putih, terbuat dari tepung terigu dengan isi gula jawa , coklat ataupun dicampur dengan rasa bawang merah. Pembuatan nya dengan cara dibakar setelah sebelumnya ditempel-tempelkan di dinding kuali besar lalu di panggang diatas tumpukan kayu bakar.
Enak dimakan pada setiaap saat apalagi sore hari dengan secangkir kopi atau teh pahit. Kue Nopia ini bisa bertahan sampai 1 bulan kalau g keburu dimakan he..he..he. Tertarik untuk mencicipi???

1 komentar:

  1. emmbb,,
    infonya sangat bermanfaat ya, terimakasih lo ya, semoga di beri kesuksesan buat anda :)
    Dari :
    Pembicara Internet Marketing
    menjadikan jualan anda lebih terkenal dan banyak dikenal oleh masyarakat luas, menjadikan No 1 di semua halaman google, dengan menggunakan fasilitas GRATIS di INTERNET.
    anda berminat??
    hub Bpk. Agus Setiyawan
    081 333 841183 (Simpati)
    0817 537894 (XL)
    0341 5455330 (Flexi)
    atau kunjungi di
    http://www.pembicarainternetmarketing.com/workshop-internet-jadikan-internet-s

    ebagai-mesin-pencetak-uang.html

    BalasHapus